PERTANYAAN

PERTANYAAN

Setiap kali
bertanya diri
mengapa aku begini
karena aku mencintai negeri
juga mencintai istri
juga mencintai Kakek yang tubuhnya aus di dalam lumpur
mencintai nenek menggendong derita ke dalam kubur
mencintai Paikem setengah bongkok keringat menyirami
padi
mencintai Paiman memeras tenaga sepanjang hari
di tengah deru mesin menegakkan hati
di terik matahari berendam air menegakkan arti

Dan setiap kali aku ditanya
dirumahku kecil sederhana
beruntung tidak menyewa
apakah aku bahagia?

Apa sebenarnya kebahagiaan
kerena halnya bersangkutan dengan kepuasan
dan kadar keinginan

Aku temukan kepuasan dalam pengertian rasa cinta
tidak banyak semprotan pestisida
segala macam racun hidup dalam kemasan jelita
segala jelita yang dibungkus dengan kepalsuan
kosmetika

Aku menyedari perjuangan dan hidup bukan polesan
bukan garis warna tanpa tujuan

Hidup ini bukan mimpi yang diliputi impian
apapun yang diperjuangkan
di lumpur-lumpur sepi
di hutan-hutan ngeri
di kota-kota jahanam
di istana-istana kejam
manusia merangkak
mencari dan mempertanyakan watak
mencari apa sebenarnya yang dimiliki dan pantas
dimiliki
dalam mengais mimpi

Dan setiap kali orang bertanya
datar tanpa nada
di mana batas petualang
dan pejuang

Keduanya dibedakan oleh garis sederhana
kepada siapa orang mengartikan satu tanah air, satu
bangsa dan satu bahasa
kepada siapa semua makna diabdikan tanpa permainan
kata-kata

2 Tanggapan to “PERTANYAAN”

  1. aku mau kirim satu set artikelku + tulisan2 asvi + quotation gnadhi, khalil gibran, chairil anwar dsb. kemana aku harus kirim ke alamat website ini ? Hubungi aku via personala messages di multiply ku. salam. dpy

  2. Akan dengan senang hati kami menerima puisi-puisi yang dikirimkan.
    Puisii-puisi tersebut dapat dikirimkan melalui email negeri.senja@gmail.com

    Sampaikanlah kepada bangsa yang besar ini mengenai Sosialisme Indonesia agar negeri ini bisa terlepas dari exploitation de l’homme par l’homme.
    Terima Kasih atas kunjungannya Bung…

Tinggalkan Balasan

